by

Mulai Hari Ini Anggota DPRD Balikpapan Laksanakan Reses

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Selama 3 hari, mulai 1 hingga 3 Maret 2021 mendatang, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan melaksanakan reses masa sidang pertama tahun 2021.

Jika sebelumnya, reses digelar selama sepekan atau 6 hari, kali ini reses dilaksanakan selama 3 hari atau dipadatkan kegiatannya sebagai upaya memaksimalkan waktu dan mencegah penyebaran COVID-19 di Balikpapan.

Selain itu, banyaknya agenda kegiatan kedewanan jelang berakhirnya masa jabatan Wali Kota Balikpapan juga menjadi salah satu alasan dipadatkannya pelaksanaan reses bagi Wakil Rakyat Kota Minyak.

“Memang ada kegiatan reses anggota DPRD Balikpapan yang dilaksanakan mulai 1 hingga 3 Maret 2021. Namun, ditata tertib DPRD Balikpapan pelaksanaan reses bagi anggota DPRD maksimal 6 hari,” kata Makmur, Plt Sekwan DPRD Balikpapan didampingi Kasubag Humas dan Protokol DPRD Balikpapan Yosep Gunawan saat ditemui di kantor DPRD Balikpapan, Senin (01/03/2021).

Dipadatkannya kegiatan reses dari 6 hari menjadi 3 hari, tambah Makmur, karena menyesuaikan Surat Edaran (SE) Wali Kota Balikpapan Nomor 300/392/Pem tentang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan pandemi COVID-19 di Balikpapan.

“Jika sebelumnya reses bisa menghadirkan 250 orang, kali ini disepakati hanya 25 orang persekali pertemuan. Selain itu, pertemuan reses juga bisa dilakukan secara daring. Yang biasa dilaksanakan 1 kali dalam sehari, kini bisa dilakukan 2 kali dalam sehari,” ujarnya.

Menurut Makmur, masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan.

“Reses merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen secara berkala dan menjadi kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses,” ungkap Makmur.


“Tujuannya menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed