by

PDI Perjuangan dan Bamusi Balikpapan Salurkan Zakat Fitrah

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Balikpapan bekerja sama dengan Baitul Muslimin (Bamusi) cabang Balikpapan menerima dan menyalurkan zakat fitrah pengurus PDI Perjuangan dan menyalurkannya kepada masyarakat, khususnya warga Balikpapan yang berhak menerima, Sabtu (30/04/2022).

Penyaluran dana zakat fitrah setelah sepekan dikumpulkan dilaksanakan secara simbolis oleh Ketua DPC PDI Perjuangan dan Ketua Bamusi Cabang Balikpapan ustadz Edi Purwanto di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kompleks Ruko Sepinggan Pratama Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua DPC PDIP Balikpapan Budiono mengatakan, DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan, melalui Bamusi Cabang Balikpapan, pada tahun 2022 di Bulan Ramadan 1443 Hijriyah, menerima zakat fitrah dari pengurus DPC PDI Perjuangan dan masyarakat Balikpapan.

“Ini kan memang baru pertama kali, waktu kita kemarin (melaksanakan penerimaan zakat fitrah) hanya seminggu. Kemarin sudah kita tutup dan hari ini kita bagi,” kata Budiono ditemui Kabargupas.com di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kompleks Ruko Sepinggan Pratama,” Sabtu (30/04/2022).

Pasca ditutup, tambah Budiono, dana zakat fitrah yang berhasil dikumpulkan oleh Bamusi Cabang Balikpapan, selanjutnya disalurkan kepada warga yang berhak menerima. Meski begitu, penyaluran juga dipilah agar dana zakat fitrah benar-benar tepat sasaran.

“Dana zakat fitrah kita salurkan kepada yang berhak, kita juga memilah-milah, dalam hal ini sesuai aturannya, mana fakir, mana miskin, mana yatim piatu, dan lainnya sebagainya,” tambah Budiono.

Pihaknya mengakui, meski penerimaan zakat fitrah yang dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Balikpapan ini belum maksimal. Tetapi, DPC PDI Perjuangan dalam melakukan kegiatan ibadah dan sosial seperti penerimaan dan penyaluran dana zakat fitrah kepada masyarakat, dimulai tahun ini.

“Insyaallah, tahun depan kita juga tetap melaksanakan kegiatan ini dan berharap akan lebih ramai lagi. Apalagi, pengurus kita banyak yang belum tahu akan kegiatan penerimaan dan penyaluran dana zakat fitrah ini, karena waktu kita terbatas,” tukas Budiono.

Untuk penyalurannya, lanjut Budiono, zakat fitrah ini diberikan kepada pengurus kita, sebagian lagi juga ke warga Balikpapan lainya, tetapi sesuai kategorinya.

Baitul Muslimin itu, jelas Budiono, adalah sayap partai di PDI Perjuangan, yang mengurusi tentang dakwah dan tentunya tentang keagamaan. Total yang menerima zakat fitrah dari Bamusi Cabang Balikpapan ini, ujar Budiono, yang menunaikan kewajibannya dalam berzakat fitrah, hampir 70 an jiwa.

“Harapannya, tentunya zakat fitrah itu wajib ya untuk menyempurnakan puasa kita dan di dalamnya ada misinya yakni membantu sesama. Karena itu, selain membersihkan harta kita juga, melalui zakat fitrah juga menyempurnakan puasa kita,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed