by

Peduli Jurnalis Liputan COVID-19, PHKT Salurkan Bantuan Sembako

Masih dalam suasana Ramadan 1442 Hijriyah dan di tengah situasi pandemi, Program Dukungan Media Pertamina Subholding Upstream Area Kalimantan, yang dilaksanakan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) bekerjasama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Kalimantan Timur menyalurkan bantuan kepada jurnalis yang sehari-hari meliput perkembangan COVID-19 di Kota Balikpapan.

Bantuan PHKT ini berupa jaket, sembako dan masker yang disalurkan langsung kepada perwakilan wartawan Balikpapan oleh Ketua AMSI Kaltim Sumarsono, Selasa (04/05/2021).

Penyaluran dilakukan secara simbolis mengingat masih dalam suasana pandemi COVID-19 yang mengharuskan adanya penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua AMSI Kaltim Sumarsono mengatakan, bantuan PHKT kepada wartawan melalui AMSI Kaltim ini merupakan bentuk kepedulian berbagi dari PHKT yang menilai jurnalis juga merupakan salah satu garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan dan perkembangan COVID-19 di Balikpapan.

“Peliputan media di lapangan cukup rentan berpotensi terpapar COVID-19. Kita menginginkan wartawan sehat dan aman dalam setiap peliputan termasuk peliputan COVID-19 ini. Bantuan ini bentuk dukungan dari PKHT terhadap kerja wartawan di lapangan. Tentu kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan PHKT ini,” kata Sumarsono.

Dia menambahkan, dengan sinergi dan kerja sama yang terjalin baik selama ini antara perusahaan migas PHKT dengan wartawan di Balikpapan menandakan bahwa ada kebersamaan untuk mendukung setiap program pembangunan yang dicanangkan baik perusahaan maupun pemerintah.

“Kami berharap sinergi ini bisa terjalin terus dan tidak berhenti sampai disini saja. Mungkin dalam bentuk pengembangan kompentensi wartawan,” tambahnya.

Menurut Sumarsono, wartawan juga harus menerapkan prokes dengan tidak terlalu lama berkumpul saat meliput atau wawancara karena di Balikpapan sudah ada beberapa rekan yang terpapar COVID-19.

“Mudah-mudahan kegiatan ini juga sekaligus kampanye bersama kita dengan PHKT untuk senantiasa menjalankan prokes dimana saja baik di lingkungan kerja maupun di tempat-tempat umum. Wartawan harus juga jadi agen perubahan sikap waspada COVID-19 dan taat prokes,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, wartawan senior dari Kabar IKN, Benny Sanger memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan PHKT.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PHKT, bantuan ini sebagai bentuk dukungan atas kerja kami di lapangan,” ucapnya.

Sementara itu, Senior Manager Relations PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) Farah Dewi mengatakan, penyaluran bantuan sembako ini merupakan bentuk kepedulian PHKT kepada wartawan, khususnya jurnalis di Balikpapan.

Kegiatan ini, juga bertujuan agar wartawan yang merupakan garda terdepan dalam memberikan liputan mengenai COVID-19 dapat terus melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan 5M,

“Kami berharap tidak ada lagi wartawan yang terpapar COVID-19 dan mereka terhindar dari penularan,” kata Farah Dewi.

PHKT dan anak perusahaan Pertamina lainnya di area Kalimantan berkomitmen untuk terus semangat menjadi perusahaan energi dunia, dengan selalu menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan yang ada.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed