by

Penyegaran, 25 Pejabat Pemkot Balikpapan Dimutasi

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 25 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dilantik Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam pelantikan dan pengambilan sumpah janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Fungsional yang digelar di aula Pemkot Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Selasa (22/02/2021).

Ke-25 pejabat yang dilantik tersebut meliputi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 3 orang, Administrator 8 orang, Pengawas 8 orang dan Fungsional 6 orang.

Tiga pejabat tinggi yang diambil sumpahnya oleh orang nomor satu di Kota Beriman ini adalah Haemusri, Adwar Skenda Putra dan Ani Mufaidah. Haemusri, yang sebelumnya menjabat sebagai Plt. Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah Retribusi Daerah (BPPDRD), diangkat menjadi menjadi Kepala BPPDRD Balikpapan.

Begitu pula Adwar Skenda Putra, jabatan sebelumnya adalah Kabag Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan, kini resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan.

Sedangkan, Ani Mufaidah yang sebelumnya menempati posisi sebagai Kabag Organisasi, kini resmi menjadi Kepala Dinas Ketenagakerjaan. Sedangkan jabatan Humas Protokol dan Bagian Organisasi saat ini kosong atau diisi Plt.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik dan diambil sumpah janjinya.

Menurut Rizal, mutasi pejabat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Balikpapan ini dilaksanakan dalam rangka penyegaran, di samping promosi jabatan kepada yang bersangkutan.

“Mutasi yang dilakukan ini adalah hal yang wajar di OPD Pemkot Balikpapan sebagai penyegaran dan promosi jabatan, juga untuk mengisi kekosongan jabatan sehingga diharapkan roda organisasi Pemerintah Kota Balikpapan dapat berjalan lebih optimal,” kata Rizal Effendi.

Dalam mutasi ini, jelas Rizal, sepenuhnya mengacu kepada proses, prosedur dan ketentuan atau peraturan yang berlaku, serta mengacu pada hasil evaluasi terhadap kinerja pejabat bersangkutan.

“Mutasi ini prosesnya sudah dirancang sejak Maret 2020 lalu,  namun, karena adanya Pilkada Balikpapan, maka mutasi ini baru bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Minyak ini menambahkan, mutasi yang dilaksanakan setelah mendapatkan rekomendasi dari Mendagri untuk Pejabat Eselon II, serta dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah untuk pejabat Eselon III, Eselon IV serta pejabat lainnya.

“Kepada pejabat yang baru dilantik, saya berpesan menjaga loyalitas, dedikasi, integritas dan disiplin serta dapat berperan merajut kebersamaan dan memperkuat solidaritas internal di instansinya. Buatlah gagasan serta inovasi baru, berani melakukan sesuatu yang berbeda, memiliki nilai lebih, sekaligus peka terhadap perubahan dan perkembangan zaman,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati
Foto: Humas Pemkot Balikpapan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed