by

Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Raih 1 PROPER Emas dan 7 PROPER Hijau

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) 2021.

Penghargaan PROPER tertinggi dalam kategori emas berhasil diraih melalui unit operasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan dengan program unggulan Balikpapan Energi Terbarukan (BETTER) yakni program pengelolaan limbah menjadi sumber energi terbarukan.

Tidak hanya itu, sebanyak 7 unit operasi yang berada dalam naungan Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dianugerahi penghargaan PROPER dengan kategori hijau melalui pengelolaan operasional yang baik.

Adapun ketujuh unit operasi tersebut adalah Integrated Terminal (IT) Balikpapan, IT Banjarmasin, IT Pontianak, Fuel Terminal (FT) Tarakan, FT Samarinda, DPPU Syamsudin Noor, dan DPPU Supadio.

Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan juga meraih penghargaan sebagai Video Profil Program Terbaik Kedua melalui unit operasi IT Banjarmasin dengan program unggulan Ekowisata Mangrove Center dan Konservasi Bekantan.

Bertempat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, penghargaan ini diterima langsung oleh Operation Head DPPU Sepinggan, Heri Ashari, disaksikan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dalam acara Anugerah Lingkungan PROPER pada 28 Desember 2021.

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyampaikan, terdapat peningkatan jumlah penerima PROPER Emas dimana tahun 2021 mencapai 47 perusahaan.

Terdapat 2 aspek yang menjadi hal utama dalam penilaian PROPER, yakni ketaatan serta kategori beyond compliance bagi perusahaan penerima penghargaan PROPER Emas dan Hijau, hal ini sebagai bukti atas evaluasi ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan dan sosial.

“Pertamina berupaya membuat berbagai program CSR bagi masyarakat sebagai wujud implementasi terhadap pilar-pilar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang selama ini menjadi acuan kami,” kata Freddy Anwar, Executive General Manager Regional Kalimantan, dalam siaran resminya

Lebih lanjut, Pertamina juga berupaya mengedepankan aspek Environmental, Social & Governance (ESG) di berbagai program CSR yang dilakukan. “Harapannya agar senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial,” tambah Freddy.

Freddy menegaskan, penghargaan yang diterima akan menjadi semangat Pertamina untuk terus mengabdi bagi negeri. “Ke depannya harus mampu meningkatkan kategori PROPER emas dan dikembangkan di unit-unit operasi Regional Kalimantan lainnya,” pungkas Freddy.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed