by

Peternak Sapi Kaltim Dapat Bantuan Rp 20,6 M Dari Pertamina

Kabargupas.com, KUKAR – Pertamina menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp 20,6 miliar kepada 14 kelompok peternak sapi (206 anggota) yang tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Barat (Kubar), Kutai Timur (Kutim), Samarinda, Paser, dan Balikpapan, yang merupakan mitra dari Koperasi Berkah Salama Jaya (BSJ).

Kegiatan seremonial dilaksanakan di Desa Tani Bakti, Kecamatan Loa Janan, Kukar dalam rangka program kemitraan dan penggemukan sapi dan Biogas Kutai Kartanegara, Kamis (01/04/2021).

Sebelum kegiatan seremoni dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor didampingi Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar, Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Sulastri, Direktur Utama PT Berkah Salama Jaya Suparlan, disaksikan para peternak atau anggota dari BSJ penerima manfaat, sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam program kemitraan berikutnya.

Gubernur Kaltim Isran Noor menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas dedikasinya membantu para peternak sapi yang ada di Kaltim. Dana yang disalurkan ini pastinya akan sangat bermanfaat bagi peternak sapi, apalagi menyambung hidup di tengah pandemi COVID-19.

“Adanya pinjaman modal usaha, jelas banyak hal positif yang terjadi diantaranya roda ekonomi bergerak dan meningkat, peternak juga bisa survive. Semoga bantuan dari Pertamina ini bermanfaat dan dapat berlanjut ke depannya,” ujar Isran Noor.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Sulastri menjelaskan, program kemitraan dari BUMN seperti Pertamina sangat meringankan para peternak sapi sebagai sumber pembiayaan untuk menggerakkan usaha.

“Dengan adanya kebutuhan akan daging sapi yang masih defisit sekitar 260 ribu ton dan masih perlunya impor sapi 1.2 juta ekor secara nasional, perlu adanya inovasi untuk meningkatkan produktivitas sapi lokal, salah satunya dengan upaya penggemukan sapi,” ujar Sulastri.

Sementara itu, Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar mengatakan, selain mempunyai tugas utama dalam menyediakan dan menyalurkan energi, Pertamina juga memperhatikan masyarakat sekitar dengan mewujudkan Program Kemitraan yang merupakan salah satu bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

“TJSL mencakup Program CSR dan Bina Lingkungan, baik bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat hingga Program Kemitraan sendiri yang fokus kepada pengembangan UMKM agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri. Di Kalimantan sendiri program kemitraan telah berjalan dari tahun 1993 hingga sekarang,” ujar Freddy.

Menurut Freddy, disalurkannya bantuan sebesar Rp 20,6 miliar kepada 14 kelompok peternak sapi (206 anggota) yang tersebar di sejumlah daerah di Kaltim ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, khususnya para peternak sapi di Kaltim.

“Kami melihat adanya potensi di mana kebutuhan masyarakat akan daging sapi cukup tinggi di wilayah Kalimantan Timur sekaligus sejalan dengan tujuan pemerintah untuk ketahanan pangan. Membaca potensi tersebut, Pertamina bermaksud untuk dapat menggerakkan ekonomi rakyat dengan memberikan kucuran pinjaman modal usaha sekitar 100 juta satu peternak dengan jasa administrasi 3% setahun,” tandasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed