by

Ponpes Al Hasyimiah Graha Indah Diresmikan, Tandai Penerimaan Santri Baru

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Yayasan Amal Rizki Lestari menggelar syukuran pembukaan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hasyimiah di Kompleks Bangun Reksa RT. 021, Jalan Soekarno Hatta KM. 6, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Minggu (21/08/2022).

Syukuran yang dihadiri sejumlah ulama dan pejabat di lingkungan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Balikpapan Utara, serta ratusan tamu undangan ini, menandai resmi beroperasinya salah satu pondok pesantren di wilayah utara Kota Minyak.

Syukuran pembukaan Ponpes Al Hasyimiah ditandai dengan doa bersama, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Habib Fuad bin Ibrahim Bahasyim disaksikan para guru, dan sejumlah pejabat dan ratusan warga yang hadir di acara ini. Peresmian Ponpes Al Hasyimiah menandakan dimulainya penerimaan santri baru jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Habib Fuad bin Ibrahim Bahasyim, Pembina Ponpes Al Hasyimiah dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada H. Sony Chandra beserta keluarga yang telah membangun dan mempercayakan dirinya untuk memimpin Ponpes Al Hasyimiah ini.

“Mudah-mudahan beliau diberikan kesehatan, dipanjatkan umur, dimurahkan rezeki,” kata Habib Fuad bin Ibrahim Bahasyim.

Suasana pembukaan Ponpes Al Hasyimiah di RT 21 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Minggu (21/08/2022).

Habib Fuad, demikian dia akrab disapa, menceritakan bahwa awal pembangunan Ponpes Al Hasyimiah ini banyak permasalahan, namun dengan kesabaran pihaknya dan H. Sony Chandra, alhamdulillah semua permasalahan tersebut bisa diatasi dan kendala-kendala yang kecil maupun besar, dapat diatasi dengan cara kekeluargaan hingga Ponpes Al Hasyimiah ini bisa terbangun.

“Itulah tujuan Pak Sony dengan kami bersama para guru-guru yang akan mengajar di sini,” ujar Habib Fuad.

Lebih lanjut, jelas Habib Fuad, pondok ini diberi nama oleh seseorang dari Banjarmasin, yaitu Habib Salim Bahasyim. Habib Salim Bahasyim ini lah yang memberikan nama ponpes ini dengan nama Al Hasyimiah, karena di sana ada juga pengajian Bahasyimiah.

“Maka beliau lah yang memberikan nama kepada Pak Sony, dan akhirnya Pak Sony pun melanjutkan memberikan nama ini menjadi nama pondok. Mudah-mudahan dengan nama Al Hasyimiah, artinya kami singkat adalah pondoknya para habaib, khususnya habaib di Balikpapan,” ungkap Habib Fuad.

“Maka, kami meminta guru-guru yang mengajar di sini, seperti Habib Hasan Alhabsy, Habib Novel bin Syahab, dan Habib Hadi Al Hadad, serta ustadz Drs Abdul Rohim. Kami berharap, ke depannya Ponpes Al Hasyimiah ini bisa menerbitkan¬† santri-santri yang sangat luar biasa, santri-santri yang berakhlak mulia,” ujarnya.

Salah satu bangunan tempat tinggal santri di Ponpes Al Hasyimiah RT 21 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara.

Berdirinya Ponpes Al Hasyimiah di lingkungan RT 21 Kelurahan Graha Indah mendapat tanggapan positif dari masyarakat, khususnya warga RT 21. Warga berharap keberadaan Ponpes Al Hasyimiah ini ke depan dapat melahirkan santri-santri yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia.

Ketua RT 21 Graha Indah Suwati mengatakan, pihaknya menyambut baik diresmikannya Pondok Pesantren Al – Hasyimiah. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada H. Sony yang telah membangun pondok pesantren untuk pendidikan bagi anak-anak di lingkungan Graha Indah Balikpapan Utara.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak H. Sony dan juga kepada seluruh pengurus Yayasan Amal Rizki Lestari yang menaungi Pondok Pesantren Al – Hasyimiah,” kata Suwati.

Suwati berharap, anak-anak di Pondok Pesantren Al – Hasyimiah ke depannya menjadi anak-anak yang berakhlak mulia, menjadi anak-anak yang berguna bagi Nusa dan Bangsa. “Ke depan, semoga anak-anak kami menjadi anak-anak yang berakhlak mulia dan juga menjadi anak-anak yang berguna bagi Nusa dan Bangsa,” tutup Suwati.

Hadir dalam peresmian Ponpes Al Hasyimiah ini sejumlah pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) diantaranya Camat Balikpapan Utara, perwakilan Kemenag Balikpapan, Lurah Graha Indah, Kanit Binmas Polsek Balikpapan Utara, Babinsa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara serta lainnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed