by

Ratusan Calon Haji Balikpapan Jalani Vaksinasi Pertama

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 530 jamaah calon haji (calhal) yang rencananya akan berangkat melalui Embarkasi Haji Balikpapan menjalani vaksinasi COVID-19 pertama di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Jalan Ruhui Rahayu I Balikpapan Selatan, Minggu (21/03/2021).

Pelaksanaan vaksinasi bagi jamaah calhaj yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Kesehatan ini disaksikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan Johan Marpaung, Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri, serta lainnya.

Pelaksanaan vaksinasi pada jamaah calhaj berlangsung tertib dan lancar, didominasi oleh calhaj berusia lanjut atau lansia. Sejak pagi, jamaah calhaj Balikpapan satu persatu hadir dan menjalani pemeriksaan kesehatan, sebelum dilakukan suntik vaksin COVID-19.

Sukarti, jamaah calhaj Balikpapan mengaku tidak ada persiapan khusus saat mengikuti vaksinasi COVID-19. Pihaknya juga menyambut baik dilaksanakannya vaksinasi sebagai upaya mencegah terpaparnya virus Corona terhadap diri sendiri.

“Tidak ada persiapan khusus. Kalau vaksinasi ini untuk kebaikan kita kenapa harus ditunda. Apalagi vaksinasi ini untuk kepentingan ibadah haji,” kata Sukarti yang akan berangkat haji dengan suami tercinta, Tri Suryono, warga Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah.

Selain Sukarti, jamaah calhaj lain juga mengaku sama. Adalah Dil Main, warga Pantai Lango Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang masuk dalam daftar antre jamaah calhaj Balikpapan ini juga mengaku tidak ada persiapan khusus.

Seorang jamaah calon haji Balikpapan menjalani vaksinasi COVID-19 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Balikpapan di BSCC Dome Balikpapan, Minggu (21/03/2021).

“Tidak ada persiapan khusus, semalam saya cuma istirahat saja,” kata Dul Main saat ditemui media ini, didampingi anak perempuannya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi jamaah calhaj Balikpapan ini yang diprioritaskan adalah jamaah yang usianya 60 tahun. Namun, untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi, maka dijadikan satu dengan peserta vaksinasi lainnya dengan jumlah keseluruhan 530 orang.

“Kalau petunjuknya, yang prioritas dulu jamaah calon haji yang usia 60 tahun. Supaya ini memudahkan kita jadikan satu seluruhnya 530 orang hari ini. Tapi mungkin masih ada tambahan, karena masih ada ONH Plus yang belum kita tahu datanya,” kata Rizal Effendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty menjelaskan, peserta vaksinasi yang dilaksanakan hari ini diperuntukkan bagi jamaah calon haji Balikpapan. Total ada 530 jamaah calon haji yang mengikuti vaksinasi hari ini.

“Hari ini jamaah calon haji yang mengikuti vaksinasi COVID-19 sebanyak 530 orang. Dalam pelaksanaannya berjalan lancar,” kata Andi Juliarty.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed