by

Ratusan Rumah di Balikpapan Terendam Banjir, Basarnas Pantau Lokasi

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Hujan deras yang mengguyur sejak semalam hingga siang ini membuat sejumlah kawasan di Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami banjir, Selasa (23/03/2021).

Ratusan rumah warga yang berada di daerah rendah terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Akibatnya, aktivitas warga yang ada di lokasi banjir terganggu. Bahkan, warga terpaksa mengurungkan niat untuk beraktivitas dan terpaksa berjibaku dengan banjir guna membersihkan dan mengamankan barang-barang berharganya dari kepungan banjir.

Seperti banjir yang melanda kawasan Gang Rahayu RT 28 hingga RT 61 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara. Sekitar 150 rumah warga yang ada di lokasi ini terendam banjir.

Rudi, warga RT 28 Batu Ampar mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Batu Ampar sejak semalam menyebabkan banjir di lingkungan rumah. Air mulai naik dan masuk ke dalam rumah sekira pukul 04.30 WITA hingga pagi hari, air masih menggenangi wilayah RT 28.

“Hujan semalam menyebabkan rumah warga di RT 28 terendam banjir, termasuk rumah saya terendam banjir setinggi lutut orang dewasa,” kata Rudi.

Banjir yang menggenangi Gang Rahayu RT 28 Kelurahan Batu Ampar mendapat perhatian dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A (Basarnas) Balikpapan.

Sejumlah personel Basarnas Balikpapan melakukan pemantauan lokasi banjir. Tak hanya itu, jika ditemukan warga yang membutuhkan pertolongan serta evakuasi, personel Basarnas Balikpapan siap memberikan bantuan tersebut.

Komandan Regu (Danru) Basarnas Balikpapan, Dwi Adi Wibowo mengatakan, untuk mengantisipasi adanya warga yang membutuhkan pertolongan dan evakuasi, tim SAR Basarnas Balikpapan melakukan pemantauan lokasi banjir di kawasan ini.

“Banjir yang melanda RT 28 airnya setinggi lutut orang dewasa. Banjir terjadi akibat luapan air dari drainase yang tidak mampu menampung debit air dari kawasan pemukiman yang lebih tinggi,” kata Dwi Adi Wibowo.

Selain memantau kondisi banjir, keberadaan personel Basarnas Balikpapan di lokasi ini juga bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang ingin dievakuasi. Di RT 28 ini, setidaknya ada 150 KK dan puluhan rumah terendam banjir.

Penulis: Wahyu Sugiarto
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed