by

SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Modern Gerbang Udara Kaltim

Kabargupas.com, JAKARTA – Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang melayani konektivitas udara di kawasan Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dioperasikan Angkasa Pura I sejak 1987.

Sejak saat itu, bandara ini terus mengalami renovasi dan peningkatan kapasitas serta fasilitas, yang terbaru adalah pada 2014 dengan dioperasikannya terminal baru untuk menggantikan terminal lama yang sudah mengalami overcapacity, kondisi di mana jumlah penumpang dalam satu tahun yang dilayani sudah melebihi kapasitas maksimal sebuah bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, dengan luas terminal hingga 110.000 m2, kini Bandara SAMS Sepinggan dapat melayani hingga 10 juta penumpang pertahun, hampir 6 kali lipat dari kapasitas maksimal terminal lama yang hanya mampu melayani 1,7 juta penumpang pertahun.

Untuk memberikan layanan terbaik (service excellence) terhadap pengguna jasa, Bandara SAMS Sepinggan kini dilengkapi dengan 72 check-in counter, 8 konter imigrasi, 8 unit baggage claim conveyor, serta fasilitas baggage handling system level 4. Untuk fasilitas sisi udara, Bandara SAMS Sepinggan dilengapi dengan 35 parking stand, yang terbagi menjadi 30 parking stand yang dapat menampung pesawat jenis narrow body dan 5 parking stand yang dapat menampung pesawat berbadan besar atau wide body.

“Landas pacu atau runway Bandara SAMS Sepinggan memiliki dimensi 2.500×45 m, serta dilengkapi dengan 7 exit taxiway dan 1 parallel taxiway untuk melayani kebutuhan lalu lintas udara yang padat. Bandara ini juga dilengkapi dengan 11 garbarata atau aviobridge, serta dapat melayani pesawat terbesar hingga jenis Airbus A330-200,” ujar Faik, dalam siaran resminya, Senin (02/08/2021).

Kualitas layanan Bandara SAMS Sepinggan juga telah diakui secara internasional, dibuktikan dengan berbagai penghargaan skala dunia yang diraih. Pada tahun 2020 lalu, penghargaan dari Airport Council International (ACI) berhasil diraih, yaitu Best Airport by Size in Asia-Pacific: 5-15 Million Passenger per Year.

Capaian tersebut semakin melengkapi penghargaan yang diterima dari ACI di tahun sebelumnya, di antaranya adalah Best Environment & Ambience by Size: 5-15 Million Passenger per Year, Best Customer Service: 5-15 Million Passenger per Year, Best Infrastructure & Facilitation: 5-15 Million Passenger per Year yang diterima di tahun 2019.

Pada tahun 2020 lalu, sebanyak 2.748.791 penumpang, 33.756 pergerakan pesawat udara, serta 45.864.885 kg kargo terlayani oleh Bandara SAMS Sepinggan

“Seperti halnya di hampir seluruh bandara lain di dunia, statistik tahun 2020, khususnya penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara SAMS Sepinggan mengalami penurunan dibanding catatan di tahun 2019 dikarenakan imbas dari pandemi global Covid-19. Untuk pergerakan penumpang mengalami penurunan sebesar 49%, sedangkan pesawat turun 43%. Namun demikian, untuk lalu lintas kargo justru mengalami pertumbuhan positif, yaitu sebesar 3%,” tambahnya.

Hadirnya akses Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini diharapkan dapat turut serta dalam mengatrol pertumbuhan trafik udara di Bandara SAMS Sepinggan. Jalan tol ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap angkutan kargo, dengan keunggulan waktu dan jarak tempuh menuju bandara yang terpangkas jauh.

“Dengan semakin mudahnya akses menuju bandara, serta keunggulan fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh Bandara SAMS Sepinggan, kami yakin bahwa bandara ini akan dapat menjadi bandara penunjang utama konektivitas udara serta pintu gerbang udara utama di Ibu Kota Negara baru kelak,” tutup Faik.

Penulis: Ipon
Sumber: Humas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed