by

Sentra Vaksinasi Bandara Sepinggan Catat Layani 7.674 Dosis

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Sentra Vaksinasi Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang mulai beroperasi mulai 5 Juli 2021 hingga 25 Agustus 2021 tercatat layani penumpang sebanyak 7.674 dosis.

Sebanyak 7.674 dosis vaksin COVID-19 telah disuntikkan kepada calon penumpang pesawat udara yang akan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ke-7.674 dosis vaksin COVID-19 ini dibukukan oleh Sentra Vaksinasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan selama kurang lebih 51 hari mulai 5 Juli hingga 25 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai upaya mensukseskan program vaksinasi nasional.

Stakeholder Relation Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Retnowati mengatakan, untuk melakukan penerbangan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, para calon penumpang wajib melampirkan persyaratan seperti kartu vaksin dan dokumen kesehatan, baik Polimerase Chain Reaction (PCR) atau Rapid Test Antigen.

“Untuk Balikpapan sendiri yang hingga saat ini masih tergolong wilayah PPKM level 4 wajib melampirkan persyaratan perjalanan, khususnya menggunakan moda transportasi udara yakni kartu vaksin (minimal dosis pertama) dan hasil negative RT-PCR, hal ini berlaku baik penerbangan menuju maupun keluar dari wilayah Balikpapan,” kata Retnowati, Jumat (27/08/2021).

Menurut Retno, demikian dia akrab disapa, Sentra Vaksinasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan pada periode 5 Juli 2021 lalu terhitung mencatat layani vaksinasi sebanyak 2.721 dosis atau 10% dari total penumpang yang berangkat yakni 27.853 orang.

“Untuk periode Agustus 2021 hingga tanggal 25 telah melayani sebanyak 4.953 dosis atau 13% dari 37.142 penumpang yang akan berangkat. Secara keseluruhan Sentra Vaksinasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah melayani vaksinasi sebanyak 7.674 dosis atau 12% dari 64.955 penumpang berangkat,” ungkap Retno.

Dia menambahkan, terkait penumpukan penumpang di Sentra Vaksinasi beberapa waktu lalu, manejemen PT Angkasa Pura I (Persero) bersama para stakeholder mengambil tindakan cepat dengan menerapkan pendaftaran vaksinasi secara online.

“Hingga hari ini penumpukan antrean vaksin di bandara tidak terjadi lagi. Diharapkan, Sentra Vaksinasi dapat memenuhi kebutuhan penumpang yang hendak berangkat melalui Bandara Sepinggan Balikpapan,” harapnya.

Sementara itu, penumpang penerima vaksinasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Hisri mengatakan, pihaknya sebagai pendatang sangat terbantu sekali dengan keberadaan Sentra Vaksinasi yang disediakan oleh manajemen Bandara Sepinggan Balikpapan sebagai upaya pemenuhan persyaratan perjalanan, khususnya menggunakan moda transportasi udara.

“Saya sebagai pendatang merasa sangat terbantu dengan tersedianya layanan Sentra Vaksinasi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ini untuk memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan moda transportasi udara,” kata Hisri.

“Ke depan kuota vaksinasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang di Bandara Sepinggan dapat ditambah agar makin banyak orang yang terbantu,” imbuhnya.

Sebagai informasi, layanan RT-PCR sudah tersedia di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang terletak di mezzanine floor pada jam operasional Senin – Jumat pukul 07.30 – 11.00 WITA dan Sabtu, Minggu atau Libur Nasional mulai pukul 07.30 – 09.00 WITA dengan biaya sebesar Rp 525 ribu dan hasilnya akan keluar dalam kurun waktu 1×24 jam.

Pendaftaran pada Senin – Jumat dapat dilakukan langsung pada hari H sedangkan untuk Sabtu dan Mingu serta Hari Libur Nasional dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu atau H-1 ke nomor 0821-5522-5208.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed