by

Siaga Bencana, Transkon Jaya Bantu Relawan Banda Indonesia Mobil 4X4

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Wujud kepedulian dunia usaha mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan dalam kesiapsiagaan bencana Hidrometerologi dan bencana lainnya jelang Natal dan Tahun Baru 2022, ditunjukan PT Transkon Jaya Tbk.

Partisipasi PT Transkon Jaya dalam kesiapsiagaan ini diantaranya membantu relawan Bantuan Darurat (Banda) Indonesia meminjam-pakaikan 2 unit kendaraan roda empat berupa mobil 4×4 untuk kebencanaan.

Peran dan dukungan Transkon Jaya bertujuan agar dalam keadaan tanggap darurat para relawan Banda Indonesia yang memiliki kompetensi di bidang pencarian dan pertolongan lebih cepat dalam operasionalnya dan mudah untuk menjangkau daerah yang kontur jalannya sulit dilalui dengan kendaraan biasa.

Ini terlihat dalam Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometerologi dan Bencana Lainnya yang diselenggarakan oleh BPBD Balikpapan di lapangan Merdeka Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Jumat (03/12/2021).

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Badan BPBD Balikpapan sangat mewaspadai bencana Hidrometerologi dan bencana lainnya yang mungkin saja terjadi setiap waktu sehingga perlu mesiap siagakan seluruh komponen terlatih, baik dari institusi pemerintah, relawan dan dunia usaha.

Selain gelar apel pasukan, dalam acara ini juga digelar seluruh peralatan milik institusi TNI, Polri, Basarnas, organisasi dan para relawan bencana serta perusahaan swasta yang memiliki tim rescue.

Selain dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kegiatan ini juga dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan Abdulloh S.Sos, Sekretaris Daerah (Sekda) Sayid MN Fadli, dan Kepala BPBD Suseno, yang meninjau langsung satu persatu stand peralatan dan alat utama milik relawan dan instansi penanggulangan bencana.

Usai meninjau, para pejabat mengaku puas lantaran peralatan yang dimiliki saat ini sudah terbilang moderen dan lengkap. Terlebih saat mengunjungi stand relawan Banda Indonesia para Forkopimda berdecak kagum, karena sekelas relawan mereka bisa memilik peralatan SAR dan safety yang lengkap dan canggih.

Alat utama yang dimiliki Banda Indonesia diantaranya kendaraan 4×4 bantuan Transkon Jaya, peralatan selam, Medical First Responder, penyelamatan bangunan runtuh, penyelamatan di ketinggian, peralatan potong batang pohon besar dan alat komunikasi berupa repeater gateway bila mana terjadi hilang komunikasi di daerah bencana.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh S. Sos mengatakan,Abdulloh alat utama yang dimiliki Banda Indonesia merupakan contoh relawan yang luar biasa dari safety hingga peralatan personelnya lengkap untuk pertolongan dan penyelamatan saat bencana.

“Para relawan lainnya juga bisa seperti Banda Indonesia punya personel yang sumber daya manusia (SDM) terlatih dan bersertifikasi SAR dan peralatan penunjang yang mumpuni sehingga mempermudah dalam melakukan pertolongan,” kata Abdulloh ditemui media ini usai kegiatan.

Orang nomor satu di jajaran Wakil Rakyat Kota Minyak ini juga berharap, semua relawan siap untuk menambah personel dan terus meningkatan keahlian serta kemampuannya guna memberikan pertolongan kepada masyarakat saat bencana terjadi, bisa lebih maksimal.

“Melihat kesiapannya, dari peralatan cukup luar biasa, peralatan sudah ada meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan personel ditambah. Hal ini dinilai sangat penting, mengingat beberapa potensi bencana yang kerap terjadi di Balikpapan,” tutup Abdulloh.

Sebagai informasi, Bencana Hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembaban, temperatur, dan angin.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed