by

Sidak, Komisi I DPRD Balikpapan Minta Herman Selesaikan Masalah di BPN

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Komisi I DPRD Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Pertanahan Kota Balikpapan (BPN) Jalan Manuntung, Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Rabu (14/04/2021).

Sidak yang dipimpin Ketua komisi I DPRD Balikpapan Johny Ng ini diterima Kepala BPN Balikpapan Herman Hidayat bersama staf dan berlangsung penuh keakraban. Hadir dalam rombongan Wakil Rakyat Kota Minyak ini, Wakil Ketua DPRD Balikpapan yang juga Kordinator Komisi I DPRD Balikpapan, Subari, Wakil Ketua Komisi I, Simon Sulean, Hasanuddin, Sri Hana, Siswanto Budi Utomo, Yohannes Patiung, Andi Arif Agung, dan Hj. Fitriati.

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan Johny Ng mengatakan, kedatangan rombongan Komisi I DPRD Balikpapan di Kantor BPN Balikpapan ini, selain dalam rangkaian sidak, juga bertujuan meningkatkan tali silaturahmi dengan Kepala BPN Balikpapan yang baru, Herman Hidayat.

“Komisi I sidak ke sini sekaligus bersilaturahmi dengan Kepala BPN yang baru, Bapak Herman Hidayat,” kata Johny Ng saat ditemui wartawan usai sidak.

Menurut Johny Ng, dalam sidak ini ada sejumlah permasalahan yang dihadapi BPN Balikpapan dan menjadi pertanyaan Komisi I DPRD Balikpapan. Hasil dari pertemuan, ternyata memang masih ada ribuan kasus yang ada di BPN yang belum terselesaikan.

“Kami minta juga kepada Herman Hidayat, supaya BPN bekerja keras menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Kalau ada kaitan dengan DPRD Balikpapan, khususnya Komisi I, kami siap membantu,” tambah politisi Partai Golkar Balikpapan ini.

Suasana penerimaan sidak Komisi I DPRD Balikpapan oleh Kepala BPN Balikpapan Herman Hidayat di ruang kerjanya, Rabu (14/04/2021)

Pihaknya juga menyampaikan juga, jika ada surat-surat permohonan pembuatan sertifikat tanah yang diajukan masyarakat hendaknya bisa segera ditindaklanjuti. Termasuk ketika surat-surat yang tidak lengkap, minimal dalam jangka waktu 90 hari harus disampaikan kepada pemilik lahan yang mengajukan sertifikat maupun lain-lainnya.

“Selama ini, yang mengajukan surat-surat itu dalam keadaan kurang lengkap atau lainnya, yang mengajukan tidak tahu hingga bertahun-tahun. Dan itu menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi BPN Balikpapan bagaimana teknis menyelesaikannya bersama staf BPN Balikpapan. Kami yakin dan percaya Kepala BPN yang baru, Pak Herman Hidayat mampu menyelesaikan masalah yang ada di BPN ini,” harap Johny Ng.

Sejumlah permasalahan yang menjadi sorotan Komisi I DPRD Balikpapan diantaranya belum selesainya persoalan ganti rugi lahan warga di Stadion Batakan Balikpapan. Oleh karena itu, pihaknya meminta BPN memberikan penjelasannya, apa kendala yang dihadapi hingga penuntasan permasalahan lahan warga di Stadion Balikpapan itu bisa diselesaikan.

Sementara itu, Kepala BPN Balikpapan Herman Hidayat menyambut baik kedatangan rombongan Komisi I DPRD Balikpapan. Apalagi, kedatangan rombongan anggota DPRD Balikpapan ini juga memberikan saran dan masukan agar BPN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik lagi.

“Kami mengapresiasi dengan kedatangan rombongan anggota DPRD Balikpapan. Kedatangan rombongan merupakan bukti bahwa sinergitas antara DPRD Balikpapan dengan BPN cukup baik,” kata Herman Hidayat dalam sambutannya saat menerima rombongan Komisi I DPRD Balikpapan.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed