by

Tanggapi Hepatitis Akut, Sabaruddin Minta Masyarakat Jaga Pola Hidup Sehat

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Munculnya penyakit Hepatitis Akut yang saat ini meresahkan masyarakat Balikpapan, karena telah melanda sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia, juga mendapat tanggapan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sabaruddin Panrecalle mengatakan, munculnya penyakit Hepatitis Akut yang saat ini meresahkan masyarakat dunia karena telah melanda sejumlah negara, memang harus menjadi perhatian semua pihak.

“Jangan hanya terfokus mengatakan bahwa Hepatitis Akut sudah masuk di Indonesia. Namun, lebih cenderung bagaimana pola pencegahannya agar masyarakat Balikpapan, khususnya anak-anak tidak terjangkit oleh penyakit misterius ini,” kata Sabaruddin Panrecalle ditemui kabargupas.com di sela-sela acara silaturahmi DPRD Balikpapan, Senin (09/05/2022).

Pemerintah, menurut Sabaruddin, demikian dia disapa, harus menyampaikan kepada publik atau kepada masyarakat bahwa penyakit Hepatitis Misterius ini sangat berbahaya dan perlu penanganan yang harus segera dilakukan.

“Kalau dengan Covid-19, kita sudah sama-sama tahu bahwa pencegahannya adalah jaga jarak, menggunakan masker, dan cuci tangan. Yang tidak kalah penting itu kita berdoa,” ujar Sabaruddin.

Oleh karenanya, lanjut politisi Partai Gerindra Balikpapan ini, Pemerintah seharusnya menyampaikan kepada masyarakat penyebab penyakit Hepatitis Akut itu apa saja, dan pola pencegahannya bagaimana.

“Menurut saya, jaga pola hidup sehat adalah kunci utama dari salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit tersebut, seperti jaga pola makan dan pola hidup. Itu yang harus diubah yakni dengan menjaga pola hidup sehat,” tandasnya.

Sayang, ujar Sabaruddin, sampai detik ini Pemerintah belum mempublish penyebab Hepatitis Misterius itu, hanya diinformasikan bahwa ada korban sekian manusia.

“Jangan sampai ujung-ujungnya nanti, endingnya lagi itu adalah jualan lagi, bisnis lagi,” katanya.

Pengamat, menurut Sabaruddin, jauh-jauh hari sudah menyampaikan Covid-19 ini begini, endingnya begini nantinya. Oleh karenanya, mari bersama-sama menyampaikan kepada publik, kepada masyarakat bahwa Hepatitis Akut ini memang ada, nyata di Indonesia.

“Bagaimana pencegahannya, pencegahannya adalah dengan menjaga pola hidup sehat,” pungkas Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Timur ini.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed