by

Tim TPID Balikpapan Cek Harga Sembako Jelang Lebaran 

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama Bank Indonesia, serta instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Klandasan Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (26/04/2021).

Sidak Tim TPID Kota Balikpapan ini tak lain bertujuan untuk mengecek atau melihat langsung kondisi ketersediaan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako), dan stabilitas harga pasar jelang Lebaran atau perayaan Idulfitri 1442 Hijriyah.

Dipimpin langsung Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, sidak sembako jelang Lebaran ini berjalan aman dan lancar. Sidak dimulai dengan melihat ketersediaan pangan di pasar ini seperti aneka sayuran, telur, bahan kebutuhan dapur hingga ketersediaan ikan, ayam potong dan daging sapi segar.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, hasil sidak yang dilakukan Tim TPID bersama Bank Indonesia tidak ditemukan hal yang mengkhawatirkan, hanya gula merah yang stoknya agak berkurang hingga harganya mengalami kenaikan.

“Dari segi harga cenderungnya menurun, telur yang mengalami penurunan harga, bawang merah dan bawang putih harganya juga turun,” kata Rizal.

Dia menambahkan, ketersediaan sayur mayur di Pasar Klandasan ini juga cukup. Begitu pula dengan situasi pasar yang sementara ini cukup baik dengan kecenderungan harganya mengalami penurunan, seperti telur, bawang serta lainnya.

“Nanti kita lihat lagi kecenderungan seperti apa saat mendekati Lebaran. Tapi sekarang ini kita bisa pantau langsung atau lihat langsung bahwa harga-harga sembako di pasar ini cenderung menurun, dan ketersediaannya cukup baik,” jelas Rizal.

Dari pantauan tadi, ungkap orang nomor satu di Kota Minyak ini, hanya harga cabe rawit yang terbilang masih tinggi, yakni masih Rp 80 ribu perkilogramnya. Harga ini berbeda dengan di Pasar Pandansari yang hany Rp 55 ribu perkilogram, mengingat Pasar Pandansari merupakan pasar induk yang ada di Balikpapan dan banyak pedagang Pasar Klandasan ambilnya di Pasar Pandansari.

“Saya kira baiklah kondisinya, saya kira bagus untuk situasi sekarang. Mudah-mudahan kondisi ini sampai Idulfitri harga tidak terlalu tinggi kenaikannya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, harga gula merah di Pasar Klandasan saat Rp 30 ribu perkilogram, sebelumnya hanya Rp 23 ribu. Kacang tanah, sejak memasuki bulan Ramadan harganya merangkak naik, semula hanya Rp 30 ribu, kini naik menjadi Rp 35 ribu perkilogram.

Untuk harga bawang merah dan bawang putih, mengalami penurunan harga. Jika sebelumnya bawang merah dijual Rp 50 ribu, kini turun menjadi Rp 35 ribu perkilogram. Tak terkecuali dengan harga bawang putih, kini dijual dengan harga Rp 35 ribu perkilogram.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed