by

Turmudi Pindah ke NTB, Kapolresta Balikpapan Dijabat Kombes Thirdy Hadmiarso

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Tongkat komando Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan akhirnya resmi dipegang Kombes Pol V. Thirdy Hadmiarso SIK, menggantikan Kombes Pol Turmudi setelah sebelumnya menjalani upacara serah terima jabatan di Mako Polda Kaltim, Rabu (18/08/2021).

Melalui upacara Farewell Parade Kapolresta Balikpapan di Mako Polresta Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Kombes Pol Thirdy Hadmiarso mengantarkan Kombes Pol Turmudi meninggalkan Mapolresta Balikpapan guna menunaikan tugasnya di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai Direktur Pengamanan Objek Vital Nasional (Pamobvit).

Upacara Farewell Parade Kapolresta Balikpapan dihadiri para pejabat dari Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan, dan pejabat utama Polresta Balikpapan ini ditandai dengan prosesi Pedang Pora pelepasan mantan Kapolresta Balikpapan.

Mantan Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengajak semuanya yang hadir mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena pada sore ini masih diberi kekuatan dan kesehatan.

“Alhamdulillah, masih dalam situasi pandemi COVID-19 seperti ini kita masih diberi perlindungan sehingga kita masih bisa melaksanakan kegiatan atau tugas-tugas rutin kita dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kota Balikpapan,” kata Turmudi.

Turmudi juga menceritakan awal mula mengemban tugas sebagai Kapolresta Balikpapan menggantikan AKBP Wiwin Tirta, tepatnya sebelum pandemi COVID-19 melanda Balikpapan yakni 1 tahun 8 bulan lalu.

“Berbagai upaya kita di lapangan, rekan-rekan (anggota Polresta Balikpapan) berjibaku siang malam, tak kenal lelah, tak kenal takut, bahkan tidak pernah ada khawatir sedikit pun oleh COVID-19 yang sewaktu-waktu bisa menyerang kita, bahkan keluarga kita,” ungkap Turmudi.

Menurut perwira polisi berpangkat melati tiga di pundak ini, loyalitas, dedikasi serta kerja keras dan semangat anggota Polresta Balikpapan sangat luar biasa sehingga dalam 1,8 tahun ini banyak cerita yang didapatkan.

Ke depan, dirinya berharap, loyalitas dan semangat ini hendaknya tetap dipertahankan. Mengingat, sampai saat ini pandemi COVID-19 masih juga belum terlihat kapan selesainya atau tak kunjung berhenti.  

Bahkan, dalam kurun waktu 1 bulan terakhir ini terjadi peningkatan yang sangat luar biasa. Yang dulu terkonfirmasi harian hanya 2 digit, sebulan lalu ada sampai terkonfirmasi hingga 500 orang lebih.

Turmudi juga berpesan kepada anggota Polresta Balikpapan untuk tidak malu-malu, takut mengakui jika sudah ada reaksi atau tanda-tanda ke arah gejala-gejala COVID-19. Tidak malu dan sungkan menyampaikan kepada komandan atau perwiranya untuk istirahat atau melaksanakan karantina sendiri di rumah masing-masing.

“Ini untuk mencegah penularan yang lebih luas. Saya, atas nama pribadi dan keluarga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan semua, anggota Polresta Balikpapan, mana kala selama 1,8 tahun kita bergaul ada sesuatu sikap dan perilaku, tutur kata dan ucapan yang kurang berkenan, saya mohon dimaafkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol V. Thirdy Hadmiarso mengaku bangga mendapat tugas menjadi Kapolresta Balikpapan. Oleh karena itu, dirinya meminta anggota Polresta Balikpapan untuk memberikan juga apa yang sudah diberikan kepada Kapolresta sebelumnya.

“Kekompakan, pelaksanaan tugas saya harapkan juga tetap dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan tugas selama 1 tahun 8 bulan oleh Bapak Kombes Turmudi, berikan juga pada kami,” kata Thirdy Hadmiarso.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed