by

Dinas KUMKMP Balikpapan Minta Pelaku UMKM Segera Urus Sertifikasi

-Ekonomi-1,018 views

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (KUMKMP) Kota Balikpapan mengingatkan kepada seluruh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Balikpapan untuk segera mengurus sertifikasi usahanya.

Hal itu disampaikan Kabid Perindustrian Dinas KUMKMP Kota Balikpapan Adward Skenda saat menghadiri Launching Endorse Pinkky Movement LPG Pertamina dan perayaan HUT ke-46 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Balikpapan di Plaza Balikpapan, Rabu (24/03/2021).

“Kami kembali mengingatkan kepada UMKM untuk mengurus sertifikasi usaha masing-masing. Kami dari pemerintah kota akan membantu proses tersebut agar berjalan dengan baik,” kata Adward Skenda.

Selain memberikan imbauan untuk mengurus sertifikasi UMKM, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina yang telah konsisten membantu UMKM di Balikpapan. Mulai pinjaman modal usaha, hingga keikutsertaan pameran, workshop dan upskilling yang sangat bermanfaat sekali bagi UMKM.

“Terutama pada masa pandemi COVID-19 saat ini, UMKM sangat membutuhkan dorongan dan support demi kelanjutan usaha mereka,” tambahnya.

Sementara itu, Unit Manager Comm. Rel. & CSR MOR VI Pertamina Regional Kalimantan, Susanto August Satria mengatakan, program yang bermitra dengan IWAPI Balikpapan tahun ini sedikit berbeda dengan yang dilakukan tahun lalu. Program tidak hanya fokus kepada pembinaan UMKM melalui pinjaman modal usaha, tetapi UMKM dibawah naungan IWAPI DPC Balikpapan didapuk menjadi Endorse Pinky Movement untuk penggunaan LPG Bright Gas.

“Program ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah terkait penggalakan penggunaan tabung LPG Bright Gas bagi pelaku usaha menengah dibanding LPG 3 Kg yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin,” kata Susanto.

Dia menambahkan, program Endorse Pinky Movement merupakan pilot project program Pertamina untuk pengembangan program Pinky Movement yang bermitra dengan pelaku UMKM. Dalam hal ini, IWAPI diharapkan menjadi penyambung lidah atau endorser untuk program Pinky Movement.

“Program Pinky Movement ini merupakan Program Kemitraan Pertamina untuk pelaku usaha pangkalan-pangkalan. Dan kali ini dengan adanya program Endorse Pinky Movement diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk penggunaan Tabung LPG Bright Gas, yang memiliki keunggulan melalui teknologi double spindle sehingga dapat menjaga keseimbangan tekanan gas dan mengurangi tekanan gas yang berlebih dan lebih aman dibandingkan tabung LPG lainnya,” katanya.

Program Pinky Movement yang sudah berjalan sejak tahun lalu ini juga sudah mendapat penghargaan ICSB (International Council for Small Business) Indonesia 2020.

“Program Kemitraan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial lingkungan Pertamina kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat,” tukas Susanto.

“Pertamina juga fokus melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM, mulai dari pameran, workshop, pelatihan hingga sertifikasi usaha. Pertamina Regional Kalimantan sendiri sampai saat ini sudah memiliki lebih kurang 2500 mitra binaan yang tersebar di 5 provinsi di Kalimantan, mulai dari sektor perdagangan, industri, jasa, peternakan, pertanian, perikanan dan perkebunan,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed