by

Dukung Kota Madinatul Iman, Pertamina Renovasi Masjid Istiqomah

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan yang mewujudkan Kota Madinatul Iman melalui program renovasi Masjid Istiqomah.

Program renovasi masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero), Wali Kota Balikpapan dan Pjs General Manager PT KPI Unit Balikpapan, Senin (11/10/2021).

“Renovasi Masjid Istiqomah ini ditargetkan akan rampung pada tahun 2023,” ujar Pjs GM PT KPI Unit Balikpapan Ari Dwikoranto.

Ari menjelaskan, filosofi desain bangunan terinspirasi dari posisi dalam ibadah salat yaitu sujud dengan menghadap kiblat, dengan ornamen yang menyerupai tameng dan ukiran yang erat dengan kearifan budaya lokal Balikpapan.

“Nantinya bangunan masjid akan dibangun menjadi tiga lantai dengan total luas bangunan 5.603 m2. Tidak hanya sekadar menambah kapasitas, renovasi ini dirancang dengan konsep ramah lingkungan,” jelas Ari.

Dengan renovasi masjid ini, Ari mengharapkan, renovasi yang dilakukan dapat menjadi berkah bagi semua tidak hanya untuk Pertamina, tetapi juga untuk masyarakat Balikpapan pada umumnya.

Masjid Istiqomah saat ini telah berusia sekitar 37 tahun. Jamaahnya pun tidak hanya berasal dari pekerja, keluarga dan mitra kerja Pertamina tetapi juga masyarakat di sekitar masjid.

Hal senada disampaikan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. Menurut Dedi Sunardi, masjid ini merupakan salah satu bagian dari fasilitas umum Pertamina.

“Kami berharap renovasi yang dilakukan Pertamina ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Pertamina dalam melaksanakan ibadahnya,” kata Dedi.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang mendukung terlaksananya renovasi masjid tersebut. “Saya berharap bangunan Masjid ini akan menjadi ikon Kota Balikpapan, Perusahaan dan masyarakat dapat bersinergi,” ujarnya.

Program renovasi Masjid Istiqomah tersebut mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Balikpapan. Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud SE mengatakan, pembangunan dari berbagai bidang, tentunya tidak terlepas dari rohnya yaitu nilai-nilai spiritual.

“Justru dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, saya yakin seluruh lapisan masyarakat akan mendukung,” ujar Rahmad Mas’ud.

Program renovasi masjid ini, menurut Rahmad, sejalan dengan visi pemerintah kota untuk membangun Kota Balikpapan sebagai kota yang terkemuka dan nyaman dihuni, maju dan modern dalam bingkai Madinatul Iman, masyarakat yang memiliki peradaban dengan nilai-nilai spritual yang tinggi.

“Mudah-mudahan, momentum kali ini mengingatkan kembali akan pentingnya kita kembali ke rumah ibadah kita dan semangat untuk memakmurkan rumah ibadah menjadi tanggung jawab kita bersama. Semoga pembangunan masjid ini berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed