by

Kejuaraan Paramotor dan Aeromodeling Balikpapan Open I Resmi Digelar

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Mendukung Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022 yang dipusatkan di Kota Balikpapan, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Dhomber menggelar Kejuaraan Paramotor Balikpapan Open I Tahun 2022 di Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (27/08/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari mulai 27-28 Agustus 2022 ini dibuka secara resmi oleh Komandan Lanud (Danlanud) Dhomber Balikpapan Kolonel Pnb Sidik Setiyono dihadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan dr. Tjokorda Ratih Kusuma, Ketua Pengprov Utralite yang juga Manager Dandito Team, Rudi Setiawan, sejumlah pejabat Lanud Dhomber, serta lainnya.

Sebanyak 12 atlet paramotor ambil bagian dalam kejuaraan ini. Ke-12 atlet tersebut adalah M. Meirdiansyah, Rusdiansyah, Lauhil, Wawan Satriawan, Anggi Pratama, Sayid, Karmila, M. Fadhlan, Pepy, M. Yamin, Dandy serta Amhar. Mereka tampil di kejuaraan ini untuk menjadi yang terbaik pada mata lomba yang mengacu FAI dan PMI yakni Take off, The Eight, Touch And Go dan Spoort Landing.

Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono mengatakan, untuk mendukung Haornas yang dipusatkan di Balikpapan tahun 2022. Dari PASIDA (Persatuan Aero Sport Indonesia Daerah) Kalimantan Timur mendorong 2 kegiatan yaitu paramotor dan aeromodeling.

“Kegiatan ini adalah yang pertama untuk Balikpapan Open, tahun ini kita mulai. Untuk paramotor dilaksanakan di Pantai Segara Sari Manggar Balikpapan dan untuk kegiatan aeromodeling dilaksanakan di kompleks Grand City Balikpapan,” kata Danlanud ditemui wartawan di sela-sela kegiatan.

Peserta yang ikut ada 22 orang, kemudian di aeromodeling ada 25 orang. Para peserta adalah putra putri Kalimantan Timur. Pihaknya berharap melalui kegiatan ini menjadi atlet-atlet berprestasi nantinya.

Dilaksanakannya kegiatan ini, lanjut Danlanud, karena hampir 2 tahun ini relatif pasif akibat pandemi COVID-19. Pada saat penyematan Wing Day untuk paramotor kemarin, jelas terlihat antusias sekali atlet yang ikut mendorong kegiatan olahraga dirgantara ini.

“Untuk capaian, tentunya adalah prestasi. Yang pertama prestasi karena di Kaltim kita akan menggali atlet-atlet daerah. Ke depan, ada Porprov (Pekan Olahraga Provinsi), Pra PON, kemudian even nasional yaitu PON (Pekan Olahraga Nasional),” tambah Danlanud.

Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono didampingi Kepala Disporapar Balikpapan dr Tjokorda Ratih (tengah) foto bareng tamu undangan di sela-sela kegiatan, Sabtu (27/08/2022).

Kenapa pihaknya mendorong sekali untuk kegiatan atlet ini, Danlanud menjelaskan, karena memang untuk di dirgantara itu memerlukan beberapa aspek seperti sarana prasarana, fasilitas, manajemen, dan kesehatan dari atlet bersangkutan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan atlet paramotor. Atlet ini harus diwadahi dengan suatu even, seperti pertandingan-pertandingan yang memberikan dampak para atlet untuk berlatih,” ujar Danlanud.

“Sehingga melalui kegiatan-kegiatan ini para atlet bisa berkompetisi dan mempunyai jam terbang. Apalagi jika mereka juara, tentu mengangkat nama atlet berangkutan. Insyaallah, kita akan menciptakan atlet-atlet daerah lah,” harapnya.

Dilaksanakannya Kejuaraan Paramotor Balikpapan Open I 2022 oleh Lanud Dhomber mendapat sambutan positif dari masyarakat, khususnya para pecinta olahraga dirgantara. Tak terkecuali tanggapan positif dari Ketua Pengprov Utralite yang juga Manager Paramotor Dandito Team, Rudi Setiawan.

“Menyambut baik sekali digelarnya Kejuaraan Paramotor Balikpapan Open I 2022 ini. Melalui kegiatan ini setidaknya menjadi ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan atlet paramotor. Semoga kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan agar atlet-atlet kita makin meningkat kemampuannya,” kata Rudi.

Sementara itu, Kepala Disporapar Balikpapan dr. Tjokorda Ratih Kusuma mengatakan, Kejuaraan Paramotor Balikpapan Open I 2022 ini adalah rangkaian dari peringatan Haornas ke-39. Disporapar Balikpapan memfasilitasi kejuaraan paramotor dengan aeromodeling.

“Dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak, tentunya kami beri apresiasi. Ke depannya, bisa terus terselenggara. Karena ini menjadi sports tourism. Yang mana juga kami bermohon saat Haornas, di Balikpapan 10K dan Sandeq Festival, bisa menerbangkan logo Haornas,” ujar Ratih.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed