by

KUA PPAS 2023, Komisi II DPRD Balikpapan Tekankan Pemulihan PAD

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Pada pembahasan KUA PPAS 2023, Komisi II DPRD Balikpapan tampaknya fokus terhadap perbaikan sektor ekonomi di Balikpapan, terutama dalam memulihkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Balikpapan.

“Salah satu yang kita tekankan itu adalah pajak, yang harus dilakukan oleh DPPRD (Dinas Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah) atau Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), itu sudah berjalan,” kata Taufik Qul Rahman, anggota Komisi II DPRD Balikpapan saat ditemui kabargupas.com di Kantor DPRD Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, belum lama ini.

Kedua, tambah Taufik, demikian dia biasa disapa, melalui sektor perdagangan, yang mana ada di UMKM. Pihaknya menyebut, dari hasil kunjungan lapangan yang dilakukan Komisi II DPRD Balikpapan, pos-pos PAD tersebut yang menjadi prioritas Komisi II DPRD Balikpapan.

“Contoh, UMKM, Pariwisata dan yang terkecil adalah DP3 yaitu Perikanan dan Pertanian. Itu yang menjadi prioritas,” jelas politisi PKB ini.

Selanjutnya, Komisi II DPRD Balikpapan juga bagaimana mengontrol sejumlah pengusaha, seperti pengusaha perhotelan, restoran dan lainnya. Karena tekanan-tekanan dari pemerintah daerah, Balikpapan harus bisa menaikan tingkatan PAD yang cukup tinggi.

“Kalau serapan anggarannya tinggi, kita harus percaya kepada OPD sehingga tidak terlalu banyak SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran). Kalau itu banyak SILPA, berarti penyerapan anggarannya kurang,” pungkas Taufik.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed