by

Peran Relawan AHB di Tengah Pandemi, Lakukan Penyemprotan Disinfektan Hingga Sediakan Mobil Jenazah

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Peran relawan AHB dalam membantu masyarakat di tengah mewabahnya Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) patut diacungi jempol. Apalagi aksi sosial yang dilakukan oleh salah satu organisasi sosial di Kota Minyak ini bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan relawan AHB adalah penyemprotan disinfektan di hampir seluruh pemukiman warga di Balikpapan, Kalimantan Timur. Tak terkecuali penyemprotan di rumah ibadah hingga fasilitas umum (fasum) dan lainnya.

Selain atas permintaan Ketua RT, penyemprotan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 ini juga dilakukan atas permintaan warga, baik melalui Ketua RT maupun kelompok masyarakat, organisasi masyarakat serta lainnya.

Pembina AHB Squad, Ir. H. Ahmad Basir mengatakan, relawan AHB tetap melakukan penyemprotan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Balikpapan. Terlebih, kasus COVID-19 di Kota Minyak saat ini makin mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Penyemprotan disinfektan terus kita lakukan dengan melibatkan relawan AHB sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Balikpapan,” kata Ahmad Basir saat ditemui kabargupas.com, belum lama ini.

Tak hanya melakukan penyemprotan disinfektan, menurut Ahmad Basir, untuk membantu masyarakat, pembagian alat semprot juga sudah dilakukan. Dengan pembagian alat semprot cairan disinfektan tersebut, pihaknya berharap ada kemandirian dan semangat masyarakat untuk bersama-sama memerangi COVID-19.

“Ini kan sebenarnya peperangan besar, peperangan besar tapi gak nampak, tapi ada gitu, semua harus ikut terlibat. Makanya masyarakat kita, warga kita, setiap kita sudah berikan alat semprot, Alhamdulillah sebagian sudah melakukan penyemprotan sendiri, tinggal kita mengadakan cairan gratisnya. Dan itu sudah berjalan sampai saat ini,” tambahnya.

Dirinya yakin kalau semua masyarakat aktif untuk melakukan penyemprotan serta aktif untuk benar-benar menjaga dan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5M. Insya Allah bisa terselesaikan.

Suasana penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh relawan AHB di salah satu sudut kota di Balikpapan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Relawan kami sendiri, sekarang bergeraknya untuk zona-zona yang memang sama sekali agak berat untuk dihandle atau ditangani oleh RT-RT, maka kita bergerak ke sana. Sekarang masih tetap berjalan,” jelas Ahmad Basir yang akrab disapa AHB ini.

Dalam melakukan penyemprotan disinfektan, banyak relawan yang dilibatkan. Tapi, relawan AHB ini adalah bagian dari karyawan PT Permata Abadi Group. Semua karyawan dilibatkan, benar-benar turun ke masyarakat tanpa pamrih, karena ini bagian dari kontribusi mereka sebagai bagian dari masyarakat.

“Untuk alat semprot yang dibagikan kepada masyarakat totalnya berjumlah seribuan lebih kita membagikannya. Tepatnya 1300 alat semprot, dan itu sudah dibagikan seluruhnya,” ungkap AHB.

Semua alat semprot cairan disinfektan sudah dibagikan, ujar AHB, tinggal bagaimana masyarakat, atau dilakukan edukasi tentang penyemprotan ini. Selain penyemprotan, relawan AHB juga menyediakan layanan sosial berupa penyediaan mobil ambulan.

Menurut Ketua DPD Partai Nasdem Balikpapan ini, di posko relawan AHB memang ada beberapa mobil ambulan yang disediakan secara gratis bagi warga yang membutuhkan yakni ambulan untuk mengangkut jenazah dan mobil ambulan untuk membawa orang sakit.

“Jadi, kebetulan memang ambulan yang disiapkan ini terpisah antara mobil jenazah dengan orang sakit. Layanan sosial ini sudah berjalan sekian tahun, dan jika ada warga yang membutuhkan, silakan masyarakat menghubungi call center relawan AHB, nanti akan dilayani dan gratis,” tukasnya.

“Di sini juga ada Nasdem Peduli. Bagian dari kegiatan Nasdem Peduli, termasuk kita ada beberapa kendaraan untuk melayani masyarakat, kalau sekiranya betul-betul membutuhkan,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed