by

Perbaikan Jalan Rusak Selesai, Warga Batu Ratna Gelar Syukuran

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Syukuran penyelesaian perbaikan badan jalan secara swadaya digelar warga Jalan Batu Ratna di lapangan bulutangkis RT 15 di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Selasa (08/06/2021) malam tadi.

Syukuran penyelesaian perbaikan badan jalan ini dihadiri oleh Kasi Trantib Kelurahan Karang Joang Agus, sekretaris RT 62 Karang Joang, para Ketua RT dan puluhan warga di lingkungan Jalan Batu Ratna.

Ketua RT 15 Karang Joang, Darum menjelaskan, syukuran yang digelar ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas selesainya perbaikan badan jalan yang dilakukan warga secara gotong royong disejumlah lokasi di sepanjang Jalan Batu Ratna yakni di RT 57, RT 13, RT 14, dan RT 15 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

“Kegiatan malam ini dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena beberapa hari lalu kita melakukan perbaikan badan jalan di Jalan Batu Ratna, khususnya di sejumlah spot yang mengalami kerusakan, seperti jalan berlubang akibat genangan air, serta lainnya,” kata Darum.

Perbaikan jalan ini, tambah Darum, dilakukan secara swadaya yang pendanaannya merupakan hasil dari penggalangan dana masyarakat, baik dari warga, pengguna jalan hingga partisipasi dari para pengembang perumahan maupun toko bangunan yang ada di kawasan Jalan Batu Ratna.

“Pada kegiatan tersebut, kami tidak meminta sumbangan namun sumbangsih atau partisipasi dari pengguna jalan, dan developer yang ada di RT 15 Jalan Batu Ratna, yang membantu dengan menyumbangkan materialnya. Sedangkan konsumsinya, kita juga dibantu oleh masjid Berkah Box,” tambah Darum.

Alhamdulillah, ungkap Darum, berkat bantuan dari para pengembang, maupun masyarakat umum lainnya, perbaikan badan jalan yang rusak tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Bahkan, kondisi badan jalan yang rusak kini sudah kembali baik, dan nyaman untuk dilalui masyarakat, khususnya para pengendara kendaraan roda dua.

“Perbaikan jalan rusak secara swadaya ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kami, khususnya warga RT 15 kepada lingkungan dan masyarakat, khususnya masyarakat di sepanjang Jalan Batu Ratna yang melintas di kawasan ini. Apalagi, proses belajar mengajar tak lama lagi akan dilaksanakan dan anak-anak sekolah akan beraktivitas seperti biasa. Ini yang kita lakukan agar warga, khususnya para ibu-ibu yang mengantarkan anak sekolah tidak mengalami kecelakaan akibat jalan rusak,” tandasnya.

Perbaikan badan jalan tersebut, ungkap Darum, dilakukan dengan cara tambal sulam. Badan jalan yang mengalami kerusakan, diperbaiki dengan cara di semenisasi, yang pengerjaannya secara gotong royong melibatkan seluruh masyarakat di Jalan Batu Ratna.

Yang kedua, tambah Darum, pihaknya saat ini menunggu terealisasinya pengajuan bantuan perbaikan badan jalan di Batu Ratna dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. Saat ini sedang diajukan, semoga bantuan perbaikan jalan tersebut dapat terealisasi dan badan jalan kembali normal serta tidak ada lagi kerusakan jalan yang bisa berdampak terhadap pengguna jalan.

“Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para sponsor yang telah berpartisipasi menyelesaikan perbaikan badan jalan ini diantaranya pengembang perumahan Atlantik, Al Ikhlas, pengembang perumahan Etika & AW, serta lainnya,” katanya.

Selesainya perbaikan jalan rusak di kawasan Jalan Batu Ratna mendapat tanggapan positif dari masyarakat, utamanya warga perumahan yang merasa terbantu dengan kegiatan tersebut. Adalah Eko Suwaryanto, sekretaris RT 62 Karang Joang yang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga yang melakukan perbaikan jalan secara mandiri dengan cara gotong royong.

“Dengan selesainya perbaikan jalan ini, tentunya kami sangat terbantu dan menyampaikan rasa terima kasih kami karena tidak ada lagi jalan yang rusak,” ujar Eko Suwaryanto.

Sementara itu, dana partisipasi warga yang berhasil dikumpulkan untuk perbaikan jalan ini meliputi bantuan dana sebesar Rp 16 juta lebih, dan material senilai Rp 16,2 juta rupiah. Material yang berhasil digalang oleh warga meliputi, 123 sak semen, 13 meter kubik koral, 25 meter kubik pasir, dan 2 meter kubik batu gunung. Total keseluruhan bantuan yang dikumpulkan baik berupa dana maupun material berjumlah Rp 32.31 juta lebih.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed