by

Reses Sri Hana: Usulan Infrastruktur Jalan, Drainase Hingga Penegakan Perda Tibum

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Reses Masa Sidang II Tahun 2022 digelar Sri Hana, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan di kediaman pribadinya di kawasan Jabal Rahmah 2, RT 31 Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota, Minggu (19/06/2022) malam.

Sejumlah usulan hingga keluhan masyarakat, khususnya warga di wilayah Klandasan Ilir dan sekitarnya disampaikan dalam reses yang dihadiri Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan Denny Mappa, diantaranya tentang pembangunan infrastruktur lingkungan seperti perbaikan siring sungai, perbaikan jalan, hingga drainase dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Tak hanya itu, penegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan Nomor 1 tahun 2021 Perubahan Atas Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum (Tibum) juga disampaikan warga dalam kegiatan reses Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan Kota ini.

Pasalnya, maraknya mobil parkir dan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar dan badan jalan menyebabkan kondisi jalan menyempit hingga menimbulkan kemacetan di Jalan Mayjen Sutoyo, simpang jalan ke arah Gereja HKBP Balikpapan.

“Saya hanya menanyakan penegakan Perda Kota Balikpapan Nomor 1 tahun 2021 Perubahan Atas Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum ini seperti apa. Mobil parkir dan PKL di badan jalan di sepanjang Jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang makin banyak menyebabkan penyempitan jalan,” kata Noldy.

“Tak hanya itu, akibat banyaknya mobil parkir di bahu jalan, juga menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena pengemudi mobil tidak ada yang mau ngalah saat kondisi jalan padat kendaraan,” imbuhnya.

Selain penegakan Perda Ketertiban Umum, Noldy juga mengeluhkan kondisi jalan yang licin akibat semenisasi yang terlalu mulus hingga menyebabkan kecelakaan motor saat hujan turun karena jalan semenisasi tersebut licin.

Tak jauh berbeda dengan Noldy, Ketua RT 38 Klandasan Ilir Sutino juga mengusulkan segera dilakukan perbaikan drainase di belakang SDN 007 Balikpapan Kota. Dan perbaikan jalan di belakang gereja HKBP Balikpapan dekat makam karena kondisi memprihatinkan dan kerap terjadi kecelakaan akibat padatnya arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Usulan saya, tolong segera diperbaiki jalan di belakang gereja HKBP Balikpapan yang kondisi rusak. Begitu pula dengan longsornya siringan sungai sepanjang 60 meter dan tinggi 2 meter di lingkungan kami. Mohon usulan kami bisa segera direalisasikan,” ujar Sutino.

Hal senada juga diusulkan H. Galib, perwakilan RT 31 Klandasan Ilir yang mengusulkan pembangunan drainase di RT 8 yang kerap banjir jika hujan turun karena tidak ada drainasenya.

“Kami mengusulkan pembangunan parit di kawasan RT 8 Klandasan Ilir, karena pembuangan limbah air rumah tangga yang ada di atasnya melimpah hingga ke halaman rumah warga yang ada di bawahnya,” kata Galib.

Galib juga mengusulkan lampu PJU di tiang listrik PLN di RT 31 yang tidak ada pasca tiang listrik dipindahkan karena menutupi akses jalan kendaraan warga, tapi tidak diberikan lampu penerangan. Padahal, lahan untuk tiang PLN diberikan cuma-cuma oleh warga, tapi satu lampu penerangan pun tidak diberikan. Pokoknya, masih banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Sri Hana, selaku anggota DPRD Balikpapan.

Mendapat keluhan dan usulan warga, dengan bijaksana Sri Hana akan menyikapi serta akan menindaklanjuti, salah satunya dengan mengusulkan kepada pemerintah kota melalui dinas terkait agar usulan warga yang masuk di reses ini dapat terealisasi.

“Usulan dan keluhan warga tentunya akan kita tindak lanjuti, berkoordinasi pihak-pihak terkait seperti Dinas PU Balikpapan, Camat Balikpapan Kota, Lurah Klandasan Ilir serta lainnya,” tukas Sri Hana.

Sri Hana juga berjanji akan memperjuangkan dan mengawal seluruh aspirasi warga yang masuk pada resesnya di masa sidang kedua tahun 2022. “Usulan dan keluhan warga tentunya akan kita tindaklanjuti dan perjuangan supaya tahun depan bisa terealisasi,” pungkasnya.

Reses Sri Hana yang digelar mulai pukul 19.30 WITA hingga 22.00 WITA ini berlangsung tertib dan lancar dihadiri perwakilan Dinas PU Balikpapan Edy Saputra, Lurah Klandasan Ilir, Plt Sekcam Balikpapan Kota Iskandar, para Ketua RT se-Balikpapan Kota, serta perwakilan warga lainnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed