by

Dinas Kesehatan Vaksin 1.550 Anak Usia 6-11 Tahun di Balikpapan

Kabargupas.com BALIKPAPAN – Guna meningkatkan Herd Immunity pada pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun dilaunching Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (15/12/2021).

Launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dilakukan Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud SE, ME di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Jalan Ruhui Rahayu I Balikpapan Selatan, ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada 8 anak.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun sangat baik untuk melindungi kesehatan anak. Apalagi, Balikpapan adalah salah satu kota yang dipilih Menteri Kesehatan Republik Indonesia untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini.

“Kegiatan ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk menjaga dan melindungi kesehatan seluruh warga Balikpapan, khususnya anak-anak kita,” kata Rahmad.

Rahmad juga mengucapkan terima kasih kepada warga Balikpapan yang telah mendukung program pemerintah, khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi. Saat ini, vaksinasi di Balikpapan untuk dosis pertama mencapai 97,09 persen dan dosis kedua 79,29 persen.

“Besar harapan kami vaksinasi di Balikpapan bisa mencapai 100 persen. Balikpapan merupakan salah satu kota di luar Jawa dan Bali yang memenuhi target vaksinasi,” ujarnya.

Rahmad menambahkan, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini dapat terlaksana berkat dukungan TNI POLRI, termasuk Dinas Kesehatan Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud melaunching vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang digelar Dinas Kesehatan Kota Balikpapan di BSCC Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan, Rabu (15/12/2021).

Orang nomor satu di Kota Minyak ini juga meminta dukungan kepada semua pihak, termasuk media untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakat Balikpapan agar yang belum divaksin bisa mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat yang sudah divaksin diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan, tidak boleh lalai agar tidak terjadi lagi penyebaran COVID-19. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” tandas Rahmad.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menambahkan, Balikpapan adalah kota pertama di Kalimantan Timur (Kaltim) yang melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Menurutnya, pada pelaksanaan vaksinasi ini sebanyak 1.550 anak yang berasal dari SDN 013 dan SDN 014 Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan menerima suntik vaksin dari jenis Sinovac.

“Selain di sentra vaksinasi gedung Dome Balikpapan (BSCC) kami juga membuka pelayanan vaksinasi di Puskesmas setiap hari Selasa dan Kamis untuk usia 6-11 tahun. Rabu dan Sabtu untuk lansia, karena kami juga mengejar vaksinasi lansia,” kata Andi Juliarty.

“Apabila ada sekolah yang ingin melaksanakan vaksinasi terpadu, bisa langsung menghubungi Puskesmas di wilayah masing-masing. Nanti tim kesehatan dari Puskesmas terdekat akan datang ke sekolah,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini, para pejabat yang tergabung dalam Forkopimda Balikpapan seperti perwakilan DPRD Balikpapan, Ketua Pokja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Balikpapan dr Hito, Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Muhaimin, Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan H. Johan Marpaung dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed