by

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Balikpapan, Ini Kata Muhaimin

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Dilaksanakannya vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, mendapat tanggapan positif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan.

Dengan pelaksanaan vaksinasi ini, diharapkan Herd Immunity anak-anak sekolah mulai usia 6-11 tahun dapat meningkat. Terlebih di saat sekolah tengah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

Total, ada sekitar 76.250 anak yang akan divaksin berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Balikpapan, seperti SD (Sekolah Dasar) , MI (Madrasah Ibtidaiyah), SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan MTs (Madrasah Tsanawiyah).

“Itu data berdasarkan dari Dapodik. Tapi kalau data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan usia anak 6-11 tahun totalt ada 81.404 anak,” kata Muhaimin ditemui Kabargupas.com di sela-sela launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Dome Balikpapan, Rabu (15/12/2021).

Jadi, terang Muhaimin, dari jumlah tersebut ada selisih sekitar 11 ribuan anak. Dengan jumlah itu, bisa dipastikan bahwa anak-anak ini ada yang di luar sekolah formal.

“Berarti anak-anak ini ada yang di luar sekolah formal, bisa jadi dia di pesantren, panti asuhan. Lalu bisa jadi dia sekolah di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) atau SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) serta lainnya,” katanya.

“Itu yang nanti kita koordinasikan kembali supaya jumlahnya minimal sama atau mendekati dari jumlah dari Disdukcapil Balikpapan,” tandas Muhaimin.

Sementara itu, Kepala DKK Balikpapan dr. Andi Sri Juliarty mengatakan, vaksinasi pelajar Balikpapan usia 6-11 tahun ini adalah yang pertama di Kalimantan Timur sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

“Vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun ini adalah tahap pertama yang dilaksanakan di Kota Balikpapan, sesuai SK Menteri Kesehatan Republik Indonesia,” kata Andi Jularty.

Untuk target vaksinasi, tambah Andi Jularty yang akrab disapa dr. Dio ini, sebanyak 1.550 pelajar usia 6-11 tahun di Balikpapan divaksin hari ini dengan jenis vaksin bernama Sinovac.

“Target vaksinasi pelajar usia 6-11 tahun sebanyak 1.550 pelajar. Untuk sampai Februari 2022, sebanyak 81.404 pelajar akan divaksin,” tutup Dio.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed