by

DPRD Siapkan Rp 40 Miliar Untuk BPJS Kesehatan Kelas III

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Anggaran sebesar Rp 40 miliar disiapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk mengakomodir iuran BPJS Kesehatan di Balikpapan, khususnya bagi peserta BPJS Kesehatan kelas III.

Namun, iuran BPJS Kesehatan peserta mandiri kelas III gratis ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat non penerima upah alias pekerja. Anggaran BPJS Kesehatan gratis tersebut diberikan sebagai penunjang atau salah satu visi misi Wali Kota Balikpapan yang baru, H. Rahmad Mas’ud SE, ME.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengatakan, rencana pemberian iuran BPJS Kesehatan gratis saat ini sedang dibahas oleh Pemkot Balikpapan dan DPRD Balikpapan bersama tim Pakar DPRD Balikpapan untuk merealisasikan visi misi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

“Estimasi anggaran yang disiapkan DPRD Balikpapan sebesar Rp 40 miliar, khusus untuk BPJS Kesehatan peserta mandiri gratis. Itu untuk 1 tahun,” kata Abdulloh saat ditemui wartawan usai silaturahmi dengan warga Jalan Taman Sari Balikpapan, Selasa (07/06/2021).

Menurut Abdulloh, sepanjang Rahmad Mas’ud menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan yakni mulai 2021 sampai 2024, maka program BPJS Kesehatan gratis akan tetap dilaksanakan.

“Salah satu visi misi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud antara lain baju seragam sekolah dan BPJS Kesehatan mandiri bagi kelas III. Kami sudah bahas itu,” kata Abdulloh

Dia menambahkan, saat ini tim juga tengah mendata peserta BPJS Kesehatan peserta mandiri. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi overlap atau tumpang tindih peserta BPJS Kesehatan yang akan ditanggung oleh pemerintah.

“Overlap artinya yang sudah dibayar perusahaan jangan sampai lagi kita bayar, jangan sampai double, mubazir. Termasuk yang gakin sudah termasuk, insya Allah terealisasi,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed