by

Tim Pakar DPRD Disorot, FORMAK Indonesia Minta Wali Kota Lakukan Pergantian

Kabargupas.com, BALIKPAPAN – Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formak) Indonesia menyoroti tim pakar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur, yang dinilai terlalu lama menjabat.

Bahkan, diantara para tim pakar DPRD Balikpapan tersebut diduga ada yang menjabat hingga bertahun tahun lamanya.

Ketua Formak Indonesia, Jerico Noldi mengatakan, ada sejumlah orang yang dinilai sudah sangat lama menduduki jabatan sebagai tim pakar di DPRD Balikpapan sehingga perlu adanya rolling dari Wali Kota Balikpapan.

“Setahu saya, kalau tidak salah ada 5 orang tim pakar di DPRD Balikpapan, diantaranya ada yang sangat lama sejak rekrutmen awal hingga sekarang, tim pakar tersebut masih menjabat,” kata Jerico, Sabtu (21/05/2022).

Untuk itu, tambah Jerico, Formak Indonesia akan menyurat secara resmi kepada Wali Kota Balikpapan dan meminta untuk dilakukan pergantian. Pergantian tim pakar DPRD tersebut harus dilakukan dengan melakukan rekrutmen secara transparan.

“Artinya sesuai bidangnya mempunyai disiplin ilmu hukum,” tandasnya.

Pergantian ini juga menjawab agar tim pakar di DPRD Balikpapan tidak didominasi oleh orang-orang yang terkesan dekat dengan petinggi partai atau ketua partai ataupun petinggi DPRD.

“Harus ada pergantian agar orang yang mempunyai disiplin ilmu hukum bisa memberikan sumbangsih ilmunya kepada DPRD sesuai tupoksi,” pungkasnya.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed